Monday 1 February 2016

Sekolah Pertama di SULAWESI TENGGARA, Ternyata ada di Kota Baubau | Tau Banyak!


Pendidikan secara formal telah lama berdiri di Tanah Buton jauh sebelum Taman Siswa lahir pada tahun 1922. Dimasa Kesultanan ke-29 Muhammad Idrus Kaimuddin "Oputa Mancuana Moko Baadiana" (1824-1851) mendirikan sekolah pertama dimasa kesultanan Buton yang diberi nama "Madrasah Zawiah", karena dimasa kesultanan ke-29 menjalankan perintah adakan pentingnya pendidikan, maka dari madrasah inilah lahirnya kader intelektual bangsa buton waktu itu di terlahirkan.

Uniknya, Siswa-siswi atau santri di madrasah zawiah ini memiliki kebebasan dalam memilih pelajaran yang mereka senagi dan dimatangkan dalam praktek keseharian mereka, seperti ada yang belajar Ekonomi (Tata Niaga), Pemerintahan, hukum, sastra ataupun militer/pertahanan, namun selain mata pelajaran yang mereka senangi, ada satu mata pelajaran yang wajib kuasai yaitu Ilmu Agama (Tassawuf). Ini sangat menunjang tugas dan kewajiban apapun yang mereka kerjakan dalam mengabdi kepada masyarakat agar napas, tutur kata, sikap dan cara pandang mereka terhadap sesuatu berdasarkan pada tuntunan dan nilai universal  yang ada pada ajaran agama islam.

Masjid Baadia yang dibangun pada tahun 1825 itu selain di gunakan sebagai peribadatan juga di manfaatkan sebagai tempat menimba ilmu pengetahuan dan memperdalam ilmu keagamaan. Ditahun yang sama secara simultan dibangun pula gedung-gedung zawiah baru sampai masuk jauh di pelosok negeri kesultanan. Para kiai (guru) di tugaskan untuk menyebarkan dan mengajarkan pendidikan dan ilmu pengetahuan di kalangan masyarakat dan mendapatkan dukungan sepenuhnya dari kalangan istana serta menteri dan bobato. Para kiai memperkenalkan pendidikan sebagai dasar yang kokoh dalam agama islam yang dikenal dengan istilah “A poguru Antona Islamu”

Informasi terakhir yang saya dapatkan bahwa madrasah zawiah ini masih berdiri hingga saat ini, namun sudah beralih fungsi menjadi taman bacaan Al-Qur’an, dan lokasi madrasah zawiah ini berada di lingkungan benteng Benteng Keraton Buton, tepatnya sekitaran makam SultanMurhum (Kaimudin Khalifatul Khamis).
Untuk foto gedung Madrasah Zawiah ini saya belum sempat menjebretnya.... Next time saya akan menjebretnya untuk anda...

Unknown

Tau Banyak! bukan sekedar Tau, tapi bukan sok Tau!

1 comments:

  1. Merkur 34C Review - XN Esports
    Read Merkur 34C Esports 샌즈카지노 review by xn--o80b910a26eepc81il5g. Merkur 34C is a solid worrione gaming brand with one of the most notable in terms of  메리트 카지노 주소 Rating: 5 · ‎Review by xn--o80b910a26eepc81il5g.online

    ReplyDelete

 

Copyright @ 2013 Tau Banyak!.

Designed by Templateiy & CollegeTalks